Tembok Besar China, Bersejarah Dan Mengesankan

Estimated read time 2 min read

Tembok Besar China (Hanzi tradisional: 萬里長城; Hanzi sederhana: 万里长城; pinyin: Wànlǐ Chángchéng, secara harfiah berarti “tembok sepanjang sepuluh ribu li”). Adalah serangkaian benteng yang dibangun melintasi perbatasan utara bersejarah negara-negara Tiongkok kuno. Dan Kekaisaran Tiongkok sebagai perlindungan terhadap berbagai kelompok nomaden dari Stepa Eurasia. Beberapa tembok dibangun sejak abad ke-7 SM, dengan bentangan selektif yang kemudian diikuti oleh Qin Shi Huang (220–206 SM), kaisar pertama Tiongkok. Hanya sedikit tembok Qin yang tersisa. Belakangan, banyak dinasti berturut-turut membangun dan memelihara beberapa bagian tembok perbatasan. Bagian tembok yang paling terkenal dibangun pada Dinasti Ming (1368–1644).

BACA JUGA : Sangiran ” Situs Arkeologi Yang Bersejarah”

Selain pertahanan, tujuan lain dari Tembok Besar China juga mencakup kontrol perbatasan, yang memungkinkan pengenaan bea atas barang-barang yang diangkut di sepanjang Jalur Sutra, regulasi atau dorongan perdagangan dan kontrol imigrasi dan emigrasi. Selain itu, karakteristik pertahanan Tembok Besar ditingkatkan dengan pembangunan menara pengawas, barak pasukan, stasiun garnisun, kemampuan memberi sinyal melalui asap atau api, dan fakta bahwa jalur Tembok Besar juga berfungsi sebagai koridor transportasi.

Tembok perbatasan yang dibangun oleh dinasti yang berbeda memiliki banyak jalur. Secara kolektif, mereka membentang dari Liaodong di timur hingga Danau Lop di barat. Dari perbatasan Tiongkok-Rusia saat ini di utara hingga Sungai Tao (Taohe) di selatan. Sepanjang busur yang secara kasar menggambarkan tepi padang rumput Mongolia; mencakup total 21.196,18 km (13.170,70 mil). Saat ini, sistem pertahanan Tembok Besar secara umum diakui sebagai salah satu prestasi arsitektur paling mengesankan dalam sejarah.

You May Also Like

More From Author