Mengenal Suku Batak Dari Sejarah Penyebarannya

Estimated read time 3 min read

Suku Batak adalah istilah kolektif yang digunakan untuk mengidentifikasi sejumlah kelompok etnis Austronesia yang berkerabat dekat yang sebagian besar ditemukan di Sumatera Utara, Indonesia yang berbicara bahasa Batak. Istilah ini digunakan untuk menyebut suku Karo, Pakpak, Simalungun, Toba. Angkola, dan Mandailing, kelompok etnis terkait dengan bahasa dan adat istiadat (adat) yang berbeda.

Asal Mula Sejarah Adat Batak

Bukti linguistik dan arkeologi menunjukkan bahwa penutur bahasa Austronesia pertama kali mencapai Sumatera dari Taiwan dan Filipina melalui Kalimantan atau Jawa sekitar 2.500 tahun yang lalu, dan orang Suku Batak kemungkinan merupakan keturunan dari para pemukim tersebut. Meskipun arkeologi di bagian selatan Sumatra membuktikan adanya pemukim neolitik. Tampaknya bagian utara Sumatra dihuni oleh para petani pada tahap yang jauh lebih lambat.

Meskipun orang Batak sering dianggap sebagai masyarakat yang terisolasi karena lokasinya yang berada di pedalaman. Jauh dari pengaruh pelaut kolonial Eropa, terdapat bukti bahwa mereka telah terlibat dalam perdagangan dengan kerajaan tetangga lainnya selama satu milenium atau lebih.

Orang Batak mempraktikkan agama sinkretis Shaivisme, Budha, dan budaya lokal selama ribuan tahun. Raja Batak terakhir yang berjuang dengan gagah berani melawan imperialis Belanda hingga tahun 1905 adalah raja Shaivite Indonesia. Batak mungkin disebutkan dalam Deskripsi Masyarakat Barbar abad ke-13 karya Zhao Rugua, yang mengacu pada ketergantungan ‘Ba-ta’ pada Sriwijaya. Suma Oriental abad ke-15 juga mengacu pada kerajaan Bata yang dibatasi oleh Pasai dan kerajaan Aru.

Berdasarkan bukti ini, orang Batak mungkin terlibat dalam pengadaan komoditas penting untuk diperdagangkan dengan Tiongkok. Mungkin sejak abad ke-8 atau ke-9 dan berlanjut hingga seribu tahun berikutnya, dengan laki-laki Batak membawa produk tersebut di punggung mereka untuk dijual di pelabuhan.

BACA JUGA : Sejarah Patung Sigale-gale Yang Pilu

Ada dugaan bahwa pelabuhan penting Barus di Tapanuli dihuni oleh orang Batak. Sebuah prasasti Tamil telah ditemukan di Barus bertanggal 1088. Sementara kontak dengan pedagang Cina dan Tamil terjadi di Kota Cina, sebuah kota perdagangan yang terletak di wilayah utara Medan yang didirikan pada abad ke-11, dan berpenduduk 10.000 orang pada tahun 1088. abad ke-12. Sisa-sisa Tamil telah ditemukan di jalur perdagangan utama ke tanah Batak.

Peluang perdagangan ini mungkin telah menyebabkan migrasi orang Batak dari Pakpak dan Toba ke wilayah ‘perbatasan’ Karo dan Simalungun yang sekarang, di mana mereka mendapat pengaruh yang lebih besar dari kunjungan para pedagang Tamil, sementara migrasi orang Batak ke wilayah Angkola-Mandailing mungkin saja terjadi. telah didorong oleh permintaan kapur barus di Sriwijaya pada abad ke-8.

Marga Karo atau Suku Sembiring “si hitam” diyakini berasal dari ikatannya dengan pedagang Tamil. Dengan submarga Sembiring tertentu yaitu Brahmana, Colia, Pandia, Depari, Meliala, Muham, Pelawi, dan Tekan yang semuanya berasal dari India. Pengaruh Tamil pada praktik keagamaan Karo juga terlihat, dengan ritual kremasi sekunder pekualuh khusus untuk masyarakat Karo dan Dairi. Terlebih lagi Pustaka Kembaren, cerita asal usul Sembiring Kembaren menunjukkan adanya keterkaitan dengan Pagarruyung di Dataran Tinggi Minangkabau.

You May Also Like

More From Author