SEJARAH SINGKAT TENTANG CANDI DIENG

Estimated read time 2 min read

INDONESIA Sejarah Candi Dieng hingga saat ini masih belum tau sejarah dan siapa yang membangunnya. Candi Dieng merupakan kompleks candi yang terletak di Jawa Tengah tepatnya pada kawasan kaki pegunungan Dieng, Wonosobo.

Kawasan Candi Dieng ini berada pada ketinggian 2000 meter di atas permukaan laut (mdpl) yang memanjang ke arah utara-selatan sekitar kurang lebih 1900 meter dan dengan lebar 800 meter.

Hingga saat ini, Nama sebenarnya dari candi ini, sejarah adanya candi, sekaligus raja pertamanya masih belum diketahui. Dikarena minimnya informasi data dan prasasti yang mengulas tentang Candi Dieng.

Sejarah Candi Dieng

Meskipun informasi yang mengulas tentang Candi Dieng sangat minim, akan tetapi juga disebutkan bahwa kompleks candi ini diperkirakan mulai dibangun sekitar pertengahan abad ke-7 hingga akhir abad ke-8 M.

Akan tetapi, perkiraan ini juga masih belum menjelaskan tentang kapan candi-candi ini baru selesai dibangun. Mulai dari abad ke-7 hingga ke-8, lebih dari satu candi yang dibangun di dalam kompleks Candi Dieng. Salah satunya adalah Candi Arjuna.

Lebih lanjut, para-para ahli memberikan perkiraan jika candi-candi ini dibangun atas perintah raja-raja yang ada dari Wangsa Sanjaya.

Selain itu juga pada kawasan kompleks candi ini ditemukan sebuah prasasti berangka tahun 808 M. Prasasti ini merupakan prasasti tertua bertuliskan huruf Jawa Kuno dan hingga saat ini masih ada.

Candi Dieng kali pertama ditemukan kembali pada tahun 1814. Pada saat itu ada seorang tentara Inggris yang sedang melakukan perjalanan wisata ke daerah Dieng. Ia bermaksud untuk melihat sekumpulan candi yang terendam dalam genangan air telaga.

Setelah itu, pada tahun 1856, ada upaya pengeringan telaga tempat candi-candi tersebut berada yang dipimpin oleh Van Kinsbergen.

Kemudian, upaya dari pembersihan itu dilanjutkan oleh pemerintah Hindia Belanda pada tahun 1864 hingga tahun 1878.

Kompleks Candi Gebang memiliki luas mencapai sekitar 1,8 x 0,8 kilometer persegi. Adapun candi-candi yang terdapat di dalam kompleks Candi Dieng adalah:

  • Candi Arjuna
  • Candi Srikandi
  • Candi Semar
  • Candi Puntadewa
  • Candi Sembadra
  • Candi Dwarawati
  • Candi Bima
  • Candi Gatotkaca

BACA JUGA : SEJARAH ISTANA MAIMUN YANG BERADA DI KOTA MEDAN

You May Also Like

More From Author