Asal Usul Sejarah Mengenal Herodotus Bapak Sejarah Dunia Kuno

Estimated read time 2 min read

Sejarah adalah peristiwa-peristiwa di masa lalu yang berkaitan dengan kehidupan manusia. Namun pernahkah Anda terpikir bahwa orang pertama yang mempelajari sejarah secara komprehensif adalah Herodotus yang dijuluki sebagai bapak sejarah dunia. Dalam buku Pengantar Ilmu Sejarah (2017) yang ditulis oleh Heryati, kata sejarah berasal dari bahasa Melayu. Yang menyerap kata syajarah dari bahasa Arab yang berarti pohon, keturunan, asal usul, silsilah.

Dengan adanya Salah satu alasan dan mengapa Herodotus itu sudah disebut sebagai bapak sejarah dunia yan berada di negaranya itu. Adalah dengan ciptaan karyanya itu karena karya yang dibuatnya dan telah dinamakan Historia. Menurut British Library, karya Herodotus ini ditulis pada paruh kedua abad ke-5 SM. Dan merupakan literatur sejarah pertama yang lengkap, terperinci, sistematis, dan komprehensif di dunia.

Mengenal Tentang Asal Usul Sejarah Dunia Yang Bernama Herodotus Asal Yunani Kuno

Tulisan fenomenal Herodotus ini menggambarkan secara lengkap kebudayaan masyarakat Yunani Kuno. Dinamika politik, dan fenomena kebudayaan di daratan Asia dan Mediterania. Namun yang paling berkesan dari buku ini adalah tentang peristiwa sejarah di berbagai arena yang tidak bisa dihindari oleh waktu.

Dikutip dari National Geographic, Herodotus dalam karyanya menyelidiki sebab-sebab peristiwa di masa lalu. Dan memasukkan narasinya agar dapat dibaca oleh masyarakat umum sebagai sebuah ilmu. Hedotorus itu sudah benar- benar dengan menuliskan sebuah deskripsi yang telah dibuatnya itu dari kehiudpan sosial dam bermasyarakat.

Herodotus juga menyatakan bahwa sejarah tidak berkembang ke arah masa depan dengan tujuan. Yang pasti, melainkan bergerak seperti garis melingkar dengan tingkat tinggi dan rendah yang berubah-ubah sesuai dengan kondisi manusia.

Baca Selengkapnya Di Sini….. Sejarah Kuil Buddha Wat Phra That Doi Suthep

You May Also Like

More From Author