Sejarah Katedral St Michael dan St Gudula Gereja Tua di Belgia

Estimated read time 3 min read

Katedral St Michael dan St Gudula , biasanya disingkat menjadi Katedral St. Gudula atau St. Gudula oleh penduduk setempat, adalah katedral Katolik Roma abad pertengahan di pusat Brussel, Belgia. Ini didedikasikan untuk Saint Michael dan Saint Gudula. Santo pelindung Kota Brussel, dan dianggap sebagai salah satu contoh terbaik arsitektur Gotik Brabantine.

Awal Berdirinya Gereja Katedral St Michael dan St Gudula

Asal usul katedral ini tidak jelas, namun para sejarawan sepakat bahwa. Pada awal abad ke-9, sebuah kapel yang didedikasikan untuk Santo Michael mungkin berdiri di tempatnya, di tempat yang merupakan titik terpenting di Brussel pada saat itu. Persimpangan dua jalur perdagangan utama—yang pertama menghubungkan Kabupaten Flanders dan Köln, dan satu lagi antara Antwerpen dan Mons, lalu Prancis. Persimpangan jalan ini terletak di bukit Treurenberg , di mana Gerbang St. Gudula berdiri (terintegrasi dengan tembok kota pertama). Dan yang kemudian digunakan sebagai penjara yang sangat terkenal, oleh karena itu namanya.

Pembangunan gereja Katedral St Michael dan St Gudula yang bergaya Romawi dimulai pada abad ke-11, menggantikan kapel sebelumnya. Dan sebagian besar selesai dalam bentuk Gotik saat ini pada abad ke-16, meskipun interiornya sering dimodifikasi pada abad-abad berikutnya. Bangunan ini mencakup kapel bergaya Gotik akhir dan Barok. Sedangkan elemen dekoratif neo-Gotik, termasuk beberapa jendela kaca patri di lorong, berasal dari pekerjaan restorasi pada abad ke-19. St Gudula juga menonjol karena komponen musiknya, terutama dua organ pipa dan lonceng gerejanya yang sangat besar. Kompleks ini ditetapkan sebagai monumen bersejarah pada tahun 1936.

Pada akhir abad ke-12, korps avant bergaya Romawi ditambahkan di sebelah barat bagian tengah. Pada abad ke-13, Henry I, Adipati Brabant, memerintahkan penambahan dua menara bundar ke dalam gereja. Putranya, Henry II, Adipati Brabant, menginstruksikan pembangunan gereja perguruan tinggi Gotik Brabantine pada tahun 1226. Paduan suara ini dibangun antara tahun 1226 dan 1276. Bagian tengah dan transept berasal dari abad ke-14 dan ke-16. Seluruh gereja membutuhkan waktu sekitar 300 tahun untuk menyelesaikannya. Struktur utama diselesaikan tepat sebelum pemerintahan Kaisar Charles V dimulai pada tahun 1519.

BACA JUGA : Qusier Amra Kastil Terkenal di Yordania

Pada abad ke-16 dan ke-17, gereja ini mengalami beberapa modifikasi, yang paling luar biasa adalah penambahan beberapa kapel. Kapel Sakramen Mahakudus Mukjizat (1534–1539), Kapel Bunda Maria Pembebasan (1649– 1655) dan Kapel St. Mary Magdalen (juga disebut Kapel Maes) (1672–1675). Pada tanggal 6 Juni 1579, gereja perguruan tinggi dijarah dan dirusak oleh Geuzen (“Pengemis”) Protestan, dan relik Santo Gudula dibongkar dan disebar. Pada tahun 1790-an, menara ini juga mengalami penjarahan dan penghancuran oleh kaum revolusioner Perancis yang dikenal sebagai sans-culottes, termasuk hilangnya menara aslinya.

You May Also Like

More From Author