Sejarah Dari Tembok Konstantinopel

Estimated read time 2 min read

Tembok Konstantinopel (bahasa Turki: Konstantinopolis Surları; bahasa Yunani: Τείχη της Κωνσταντινουπόλεως). Adalah serangkaian tembok batu pertahanan yang mengelilingi dan melindungi kota Konstantinopel (sekarang Istanbul di Turki). Sejak didirikan sebagai ibu kota baru Kekaisaran Romawi oleh Konstantinus Agung. Dengan banyak penambahan dan modifikasi sepanjang sejarahnya, ini adalah sistem benteng besar terakhir di zaman kuno, dan salah satu sistem paling rumit dan rumit yang pernah dibangun.

BACA JUGA : Sejarah Kelam Kota Bawah Tanah Derinkuyu

Awalnya dibangun oleh Konstantinus Agung, tembok ini mengelilingi kota baru dari semua sisi, melindunginya dari serangan laut dan darat. Seiring berkembangnya kota, garis ganda Tembok Theodosian yang terkenal dibangun pada abad ke-5. Meskipun bagian tembok lainnya tidak terlalu rumit, namun jika dikelola dengan baik. Hampir tidak dapat ditembus oleh pengepung abad pertengahan mana pun. Mereka menyelamatkan kota, dan Kekaisaran Bizantium yang menyertainya, selama pengepungan yang dilakukan oleh koalisi Avar–Sassania, Arab, Rus’, dan Bulgar, antara lain. Benteng ini tetap berguna setelah munculnya meriam pengepungan bubuk mesiu. Yang berperan dalam jatuhnya kota itu ke tangan pasukan Ottoman pada tahun 1453 tetapi tidak mampu menembus temboknya.

Tembok-tembok tersebut sebagian besar tetap utuh selama sebagian besar periode Ottoman sampai beberapa bagian mulai dibongkar pada abad ke-19, seiring dengan berkembangnya kota tersebut melampaui batas-batas abad pertengahannya. Meski kurang perawatan, banyak bagian tembok yang bertahan dan masih berdiri hingga saat ini. Program restorasi skala besar telah berlangsung sejak tahun 1980an.

You May Also Like

More From Author