Sejarah Ditemukannya Batu Caves

Estimated read time 3 min read

Batu Caves adalah mogote (sejenis bentuk lahan karst) yang memiliki rangkaian gua dan kuil gua di Gombak, Selangor, Malaysia. Namanya diambil dari kata Melayu batu, yang berarti ‘batu’. Kompleks gua adalah salah satu kuil Hindu paling populer di luar India, dan didedikasikan untuk Murugan. Ini adalah titik fokus festival Tamil Thaipusam di Malaysia.

Bukit ini awalnya dikenal dengan nama Kapal Tanggang (Kapal Si Tanggang) dari cerita rakyat Malin Kundang. Nama Tamilnya berarti “Bukit ke-10” karena ada enam kuil Murugan penting di India dan empat lainnya di Malaysia. Tiga Kuil lainnya di Malaysia adalah Kuil Kallumali di Ipoh, Kuil Tanneermalai di Penang, dan Kuil Sannasimalai di Malaka.

Sejarah Penemuannya Batu Caves

Batu kapur pembentuk Batu Caves konon berumur sekitar 400 juta tahun. Beberapa pintu masuk gua digunakan sebagai tempat berlindung oleh masyarakat adat Temuan (suku Orang Asli).

Sejak tahun 1860, pemukim Tiongkok mulai menggali guano untuk menyuburkan lahan sayuran mereka. Namun, mereka baru menjadi terkenal setelah bukit kapur tersebut dicatat oleh otoritas kolonial termasuk Daly dan Syers serta Naturalis Amerika. William Hornaday pada tahun 1878.

Batu Caves dipromosikan sebagai tempat ibadah oleh K. Thamboosamy Pillai, seorang pedagang Tamil asal India. Dia terinspirasi oleh pintu masuk gua utama yang berbentuk vel dan terinspirasi untuk mendedikasikan sebuah kuil untuk Murugan di dalam gua. Pada tahun 1890, Pillai yang juga mendirikan Kuil Sri Mahamariamman. Kuala Lumpur, memasang murti (patung yang disucikan) Sri Murugan Swami di tempat yang sekarang dikenal sebagai Gua Kuil. Sejak tahun 1892, festival Thaipusam di bulan Tamil Thailand (yang jatuh pada akhir Januari/awal Februari) telah dirayakan di sana.

BACA JUGA : Sejarah Penyebaran Suku Melayu Di Asia Tenggara

Tangga kayu menuju Gua Kuil dibangun pada tahun 1920. Pada tahun 1930-an, tangga tersebut mulai menunjukkan tanda-tanda kerusakan. Kemudian ketua kuil Ramachandran Naidu mengusulkan untuk membangun dua tangga beton menuju gua bagian atas. Usulan tersebut diteruskan ke Sorobgom pada tahun 1939. Pekerjaan tersebut selesai pada tahun 1940, tepat pada saat perayaan Thaipusam tahun itu menurut ketua kuil saat ini R. Nadarajah. Saat ini terdapat 272 langkah konkrit. Dari berbagai candi gua yang ada di situs ini, yang terbesar dan paling terkenal adalah Gua Candi, dinamakan demikian karena di dalamnya terdapat beberapa tempat suci Hindu di bawah langit-langit berkubah tinggi.

Pada tanggal 1 September 1942, sebuah desa dekat Gua menjadi tempat pertemuan Partai Komunis Malaya yang diselenggarakan oleh Lai Teck, yang dihadiri oleh Komite Eksekutif Pusat CPM, pejabat partai negara bagian, dan pemimpin kelompok MPAJA. Namun, Lai Teck mengkhianati pertemuan tersebut kepada Jepang, yang melancarkan serangan mendadak saat fajar, menghancurkan sebagian besar komando tinggi CPM dan MPAJA.

Pada bulan Agustus 2018, 272 anak tangga dicat, setiap rangkaian anak tangga dicat dengan warna berbeda. Namun, tuduhan segera dilontarkan oleh Departemen Warisan Nasional atas pelanggaran hukum yang memerlukan izin untuk renovasi dalam jarak 200 meter dari situs warisan. Manajemen kuil membantah kegagalan mereka menerima izin.

You May Also Like

More From Author