Sejarah Berdirinya Menara Eiffel

Estimated read time 2 min read

Menara Eiffel adalah menara kisi besi tempa di Champ de Mars di Paris, Perancis. Nama menara ini diambil dari nama insinyur Gustave Eiffel, yang perusahaannya merancang dan membangun menara ini dari tahun 1887 hingga 1889.

Dijuluki secara lokal “La dame de fer” (bahasa Perancis untuk “Iron Lady”), bangunan ini dibangun sebagai pusat Pameran Dunia tahun 1889. Dan sebagai puncak peringatan seratus tahun Revolusi Perancis. Meskipun pada awalnya dikritik oleh beberapa seniman dan intelektual terkemuka Perancis karena desainnya, bangunan ini kemudian menjadi ikon budaya global Perancis dan salah satu bangunan yang paling dikenal di dunia. Menara ini menerima 5.889.000 pengunjung pada tahun 2022. Menara Eiffel adalah monumen dengan biaya masuk yang paling banyak dikunjungi di dunia: 6,91 juta orang menaikinya pada tahun 2015. Eiffel ini ditetapkan sebagai monumen bersejarah pada tahun 1964, dan dinobatkan sebagai bagian dari Situs Warisan Dunia UNESCO (“Paris, Tepi Sungai Seine”) pada tahun 1991.

BACA JUGA : Candi Penataran “Bangunan Suci Palah”

Eiffel ini tingginya 330 meter (1.083 kaki), kira-kira sama tingginya dengan gedung 81 lantai, dan merupakan bangunan tertinggi di Paris. Basisnya berbentuk persegi, berukuran 125 meter (410 kaki) di setiap sisinya. Selama pembangunannya, Menara Eiffel melampaui Monumen Washington untuk menjadi bangunan buatan manusia tertinggi di dunia. Gelar yang dipegangnya selama 41 tahun hingga Gedung Chrysler di New York City selesai dibangun pada tahun 1930. Ini adalah bangunan pertama di dunia. dunia melampaui batas ketinggian 200 meter dan 300 meter. Karena penambahan antena penyiaran di puncak menara pada tahun 1957. Gedung ini sekarang lebih tinggi 5,2 meter (17 kaki) dari Gedung Chrysler. Tidak termasuk pemancar, Menara Eiffel adalah bangunan berdiri bebas tertinggi kedua di Prancis setelah Jembatan Millau.

Menara ini memiliki tiga tingkat untuk pengunjung, dengan restoran di tingkat pertama dan kedua. Platform atas tingkat atas berada 276 m (906 kaki) di atas tanah – dek observasi tertinggi yang dapat diakses oleh publik di Uni Eropa. Tiket dapat dibeli untuk naik melalui tangga atau lift ke tingkat pertama dan kedua. Pendakian dari permukaan tanah ke tingkat pertama memakan waktu lebih dari 300 langkah, begitu pula pendakian dari tingkat pertama ke tingkat kedua. Sehingga keseluruhan pendakian menjadi 600 langkah pendakian. Meski terdapat tangga menuju tingkat atas, biasanya hanya dapat diakses dengan lift. Di atas ini, tingkat ketiga adalah apartemen pribadi yang dibangun untuk penggunaan pribadi Gustave Eiffel. Ia mendekorasinya dengan furnitur karya Jean Lachaise dan mengundang teman-teman seperti Thomas Edison.

You May Also Like

More From Author