Mengetahui Sejarah Suku Bugis Di Sulawesi Selatan

Estimated read time 2 min read

Suku Bugis, juga dikenal sebagai Bugis, adalah kelompok etnis Austronesia—kelompok etnis yang paling banyak jumlahnya. Dari tiga kelompok bahasa dan etnis utama di Sulawesi Selatan (yang lainnya adalah Makassar dan Toraja), di provinsi barat daya Sulawesi, dan merupakan kelompok etnis terbesar ketiga di Sulawesi Selatan. pulau Indonesia. Orang Bugis pada tahun 1605 masuk Islam dari Animisme. Meskipun mayoritas masyarakat Bugis beragama Islam, sebagian kecilnya menganut agama Kristen serta kepercayaan asli pra-Islam yang disebut Tolotang.

Sejarah Suku Bugis Berkembang

Gaya hidup masyarakat Bugis kuno, sampai batas tertentu, dipertahankan oleh masyarakat pagan Toraja hingga awal abad ke-20. Rumah mereka sebagian besar dibangun di atas panggung dan masyarakatnya kemungkinan besar tersebar di sepanjang tepi sungai, laut, atau tepi danau. Usaha utama pada periode ini adalah bertani padi, millet, adlay dan tanaman pangan lainnya, menangkap ikan dan kerang, memperoleh hasil hutan dan berburu binatang liar. Kerbau diimpor dan digunakan untuk acara-acara penting.

Penduduk paling awal berpotensi mengenakan pakaian sederhana. Para wanita mengenakan rok sedangkan untuk laki-laki, cawat dan mungkin penutup kepala. Sisa-sisa ornamen perunggu dan emas juga telah ditemukan berdasarkan bukti arkeologi. Tembikar terlihat jelas, meskipun wadah bambu lebih banyak digunakan bersamaan dengan penggunaan pisau bambu. Senjata tersebut bersumber dari besi dan batu serta helm dan tameng yang terbuat dari rotan.

BACA JUGA : Tradisi Unik Kebo-Keboan Yang Sudah Ada Ratusan Tahun Lalu

Secara teologis, masyarakat Bugis awal berpotensi melakukan praktik pemujaan leluhur. Ada juga ritual kuno yang berkaitan dengan pertanian dan kesuburan. Mereka umumnya menguburkan jenazahnya, meskipun ada beberapa kasus dimana jenazah dibuang dengan cara dibenamkan di laut atau danau, atau dengan diposisikan di pepohonan. Praktek kamar mayat lainnya termasuk kremasi, terutama bagi para penguasa.

Meski berada di komunitas yang berpenduduk jarang, mereka tidak hidup dalam isolasi mutlak dengan dunia luar. Sebaliknya, perdagangan dan perniagaan dijunjung tinggi dan dianggap sebagai hal yang sangat penting dalam masyarakat. Temuan arkeologis di dekat Bantaeng dan Ara menemukan artefak kuno yang berasal dari tahun 300 hingga 100 SM. Yang menunjukkan bukti bahwa bagian selatan Sulawesi telah memainkan peran integral dalam poros perdagangan insulindian awal. Ada juga jejak keramik dan periuk impor dari Tiongkok dan benua Asia Tenggara lainnya yang ditemukan di kuburan pra-Islam.

Intensitas perdagangan insulindian pada masa awal telah menyebabkan perubahan bertahap dalam hal pembangunan ekonomi, konstruksi sosial, kepentingan politik dan perimbangan kekuasaan di antara masyarakat Sulawesi Selatan, yang secara mendasar telah menyebabkan terbentuknya negara-negara, dinasti dan pemerintahan Bugis. berkembang.

You May Also Like

More From Author